Selasa, 28 Mei 2013

THEORY TALKS



Judul : THEORY TALKS Perbincangan Pakar Sedunia tentang Teori Hubungan Internasional abad ke-21
Penulis : Peer Schouten
Editor:  Bambang Wahyu Nugroho & Ahmad Hanafi Rais
Kata Pengantar : Prof. Dr. Mohtar Mas’oed
Penerbit : PPSK LP3M UMY
Harga buku: Rp 75.000 diskon jadi Rp. 56.000

Pemesanan : sms 08122742231/ pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/

Sinopsis

Buku ini merupakan contoh bahwa studi hubungan internasinal masih menunjukkan keberagaman. Para teoritisi yang diwawancarai, sejumlah tiga puluh orang, mengajukan persoalan yang berbeda untuk dipikirkan dan diselesaikan. Masing-masing mengutamakan isu tertentu dalam hubungan antar kelompok manusia di berbagai bagian dunia. Masing-masing menganggap isu yang diajukannya yang paling bermakna untuk dijawab atau dicarikan pemecahannya. Masing-masing menegaskan cara berfikirnya atau perspektifnya sendiri, bahkan seringkali dengan menafikan yang lain.


Namun bagaimanapun,  keberagaman itu adalah berkah. Posisi ini memandang masing-masing perspektif mengungkapkan “kenyataan” yang berbeda. Di sini ada pengakuan bahwa “realitas” tidak tunggal, bahkan ada “realitas majemuk”. Tergantung pada cara memandangnya. Juga ada “cara membaca yang majemuk” dalam studi hubungan internasional. Masing-masing mengusulkan cara memahami dan masing-masing berusaha memberi pemahaman.

Yang penting ditegaskan di sini adalah bahwa itu semua dimaksudkan untuk membuat fenomena HI dalam dunia yang kompleks menjadi bisa dipahami oleh yang berminat memahaminya. Sebagai warga dunia yang semakin sulit untuk saling mengelak tetapi juga semakin sulit untuk bersepakat, seharusnya kita semua berusaha memahami sehingga bisa mengenali dilema yang dihadapi dan mencari jalan keluar dari persoalan dilematik itu.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar