Sabtu, 25 Mei 2013

INDONESIA MERDEKA



Judul : INDONESIA MERDEKA
Penulis: Ir. Soekarno
Penerbit : Kreasi Wacana

Harga buku: Rp 30.000

Pemesanan : sms 08122742231/ pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/

Sinopsis

Sebagai seorang pemikir negarawan Ir. Soekarno sebetulnya hanya mencita-citakan satu hal, Kemerdekaan, atau yang didalam istilah beliau sendiri berdikari,”Berdiri di atas kaki sendiri”. Itulah yang hendak disampaikannya dalam risalah yang ditulis tahun 1933 ini, selepas mengadakan turne ke berbagai daerah di Jawa bagian tengah.


Karena init bangsa Indonesia belum lepas dari penjajahan Belanda, dan keterjajahan ini, menurut hemat Bung Karno, hanya bisa disingkirkan dengan membangun semangat dan perasaan mandiri di dalam diri masyarakat Indonesia. Pembangunan semangat dan perasaan ini bukan pekerjaan mudah, sebab yang akan diolah adalah jiwa bangsa Indonesia agar mampu menyatakan dirinya sebagai suatu bangsa yang punya karakter sendiri yang utuh, dan oleh karena itu, tidak mau diikat dan tergantung pada kekuatan selain dirinya sendiri.

Setelah hampir satu abad semenjak renungan-renungan di atas dituangkan Bung Karno, tetap saja keadaan masyarakat dan bangsa Indonesia bergulat dengan persoalan bagaimana melepaskan diri dari kekuatan-kekuatan yang mengikat keluwesan dan keleluasaannya untuk jadi Bangsa yang mandiri dan padu. Jadi, amat sangat patut kiranya jika renungan Bung Karno kembali dihayati oleh bangsa Indonesia di awal abad 21, sebab setelah berpuluh tahun merdeka, bangsa Indonesia masih seakan “digantung tidak berarti” oleh kekuatan dan kekuasaan di luar dirinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar