Kamis, 30 Mei 2013

9 Tesis Anti Kapitalisme



Judul : SEMBILAN TESIS Anti KAPITALIS Kritik Anti-Kapitalis atas Keruntuhan Ekonomi Global
Penulis: Alex Callinicos
Penerbit : Multi Solusindo

Harga buku: Rp 32.000 diskon jadi Rp. 23.000

Pemesanan : sms 08122742231/ pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/

Sinopsis

Jauh sebelum krisis ekonomi Amerika Serikat yang juga menjadi pemicu krisis perekonomian global terjadi, Alex Callinicos-Profesor Politik di Universitas York Inggris-memprediksikan bahwa di awal abad ke-21 Kapitalisme akan menjadi lebih liar dan sulit dikendalikan. Ternyata Collinicos benar, dibandingkan krisis 1930 dan 1997, krisi ekonomi 2008 memberikan dampak yang lebih mengkhawatirkan seluruh dunia.


Pemerintah AS terpaksa menggelontorkan dana talangan sebesar 700 milliar dolar dan diprediksi akan terus bertambah, negara-negara eropa juga turut mengambil langkah serupa untuk menyelamatkan bangunan finansial mereka.

Anjloknya saham di berbagai pasar bursa, investor yang panik, krisis kepercayaan pasar, dan liarnya persebaran aliran modal berkonsekuensi pada rapunhya perekonomian global yang selama ini dikendalikan kapitalisme. Kritik terhadap kapitalisme lantas bermunculan dari sana-sini, kapitalisme dan demokrasi liberal dianggap “gagal” membidani kesejahteraan kehidupan umat manusia.

Dalam buku ini, sebenarnya Alex berusaha memunculkan antitesis atas pemikiran jalan ketiga yang dimaklumkan Anthony Giddens  dan menjadi ideologi ekonomi-politik AS-Inggris selama ini. Kritik anti kapitalisme khas Alex sangat kental bisa kita jumpai di setiap bab buku ini. Namun, di bagian akhir, Alex memaparkan apa yang disebutnya sebagai Sembilan Tesis Anti-Kapitalis, yaitu seperangkat “alat bedah” untuk membongkar kegagalan kapitalisme dan demokrasi liberal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar