Senin, 04 April 2016

TUHAN dalam BUDAYA JAWA



Judul : TUHAN dalam BUDAYA JAWA
Penulis: Ign Gatut Saksono
Penerbit : Ampera Utama
Kondisi : Baru

Harga buku: Rp. 40.000

Pemesanan : sms 085878268031/ WA 08886824445 / pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/ empuonline@gmail.com/ twitter : @empuonline

TERJUAL


Sinopsis

Ada beberapa pandangan tentang Tuhan dalam budaya Jawa. Agama asli Jawa muncul berbarengan ketika orang-orang Jawa mulai mempraktikkan hidup religiusnya pada masa animisme (dinamisme), Allah dipahami sebagai sebuah energi yang mewujud dalam benda alam seperti pohon, sungai, danau, batu, bulan, matahari dan lain-lain. Maka terjadilah bentuk penyembahan dan permohonan perlindungan kepada benda-benda itu.

Tuhan kemudian bukan hanya mewujud dalam benda-benda alam, tetapi juga dalam manusia. Sejak saat itu agama Jawa berkembang menjadi agama yang bersifat monoteisme (panteisme). Tuhan dan alam telah  manunggal, atman (jagad cilik) sama dengan brahman (jagad gede). Yang ada  di dunia ini hanya satu yaitu alam raya yang identik dengan Tuhan itu sendiri.

Pandangan ini berseberangan dengan faham monoteisme (Islam dan Kristen) yang datang kemudian. Menurut agama pendatang terbaru ini yang ada adalah dua, Tuhan sebagai pencipta alam raya yang merupakan ciptaan Tuhan.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar