Selasa, 14 Mei 2013

Teologi Pembebasan

Judul : TEOLOGI PEMBEBASAN Kritik Marxisme &Marxisme Kritis
Penulis : Michael Lowy
Penerbit : Insist

Harga : Rp.35.000


Pemesanan : sms 08122742231/ pin 234FB00C/ email : empu_online@yahoo.com /

Perselisihan yang dipicu oleh masalah agama kini mengancam kehidupan kita. Sejarah peradaban dan kemanusiaan hancur ketika kobaran kebencian merasuki perasaan masing-masing pemeluk agama.
Padahal, ada persoalan mendasar yang terus-menerus disemai dan dipelihara: agama selalu saja diperalat oleh kekuasaan politik dan kekuatan ekonomi sebaga dasar teologis pembenaran bagi kepentingan mereka sendiri.
Maka , tampillah gerakan Teologi Pembebasan menantang ketakutan lembaga-lembaga agama oleh hegemoni kekuasaan politik dan kekuatan ekonomi yang serakah itu. Geralkan keagamaan yang radikal dan revolusioner inii, terutama di Amerika Latin, membuktikan bahwa agama bisa dan seharusnya menjadi “bara api” melawan kezaliman, ketidakadilan dan ketidakmanusiawian.
“Dengan munculnya teologi pembebasan, kita dapat melihat penampilan suatu pemikiran keagamaan yang justru mengggunakan konsep-konsep marxis dan kemudian mengilhami banyak perjuangan ke arah pembebasan sosial….semua itu kini menandakan suatu tantangan teoritis maupun praktis terhadap kaum Marxis. Hal itu menunjukkan adana kekurangan0kekurangan dalam konsep Marxis ‘klasik’ tentang agama….” (Piere Rousset)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar