Minggu, 26 Mei 2013

SEJARAH MADZAB FRANKFURT



Judul : SEJARAH MADZAB FRANKFURT Imajinasi Dialektis dalam Teori Kritis
Judul asli: The Dialectical Imagination
A History of the Frankfurt School and the Institute of Social Research 1923-1950
Penulis: Martin Jay
Penerjemah: Nurhadi
Editor: Inyiak Ridwan Muzir

Harga buku:  Rp. 52.500

Pemesanan : sms 08122742231/ pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/

Sinopsis

Selain melahirkan Teori Kritis, sesungguhnya masih banyak hal lain yang diupayakan Mazhab Frankfurt. Di antaranya adalah pengawinan Marxisme dengan psikoanalisis, studi tentang otoritarianisme dan kritik budaya massa. Ini semua mereka lakukan dalam rentang waktu 1925 sampai 1950, sebagaimana yang terekam dalam buku ini.

Sebagai buku sejarah, buku Sejarah Mazhab Frankfurt ini mencoba memotret dinamika yang terjadi di dalam Mazhab Frankfurt, proses yang harus dilewatinya dalam melahirkan karya-karya brilian yang hingga saat ini masih diperhitungkan di kancah ilmu-ilmu sosial, sampai perbenturan pemikiran dan kepentingan dengan pihak kawan maupun lawan.


Mazhab Frankfurt beranggotakan cendekiawan-cendekiawan senasib-sepenanggungan yang mengalami remuk redamnya peradaban umat manusia di Eropa pada paruh pertama abad XX. Mereka gelisah, mereka cemas dan oleh karena itu merasa harus bertindak dengan cara mereka sendiri demi mempertanggungjawabkan karunia kecerdasan dan hati nurani yang mereka miliki. Latar belakang inilah yang menyatukan mereka ke dalam satu visi dan misi sekaligus aksi yang kemudian mengkristal menjadi sebuah mazhab.

Pasti ada yang bisa dipetik dari sejarah!

Dan dengan membaca Sejarah Mazhab Frankfurt, bisa jadi buah yang akan diperoleh itu adalah kesadaran tentang betapa berharganya integritas dan loyalitas pada kebenaran bagi seorang cendekiawan. Tidak kurang dari itu, akan disadari pula betapa pentingnya tradisi pemikiran yang telah menggembleng seseorang sehingga bisa jadi cerdik-cendekia, dan bagi Mazhab Frankfurt, tradisi itu adalah idealisme Jerman dan Marxisme.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar