Kamis, 23 Mei 2013

LAND REFORM



Judul : LAND REFORM Dari Masa ke Masa
Penulis : Noer Fauzi Rachman
Penerbit : Tanah Air Beta
Kondisi : Baru

Harga : Rp. 35.000 

Untuk Pemesanan : SMS 08122742231/BBM PIN :234FB00C/empu_online@yahoo.com

Sinopsis
Land reform, yakni legislasi yang mewujudkan prinsip tanah untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat, telah berulang kali keluar-masuk dan tampil ke dalam arena kebijakan nasional Indonesia pasca-kolonial (1945-2009). Buku ini menganalisis apa saja dan bagaimana kekuatan-kekuatan pro versus anti land reform itu bekerja. Kondisi-kondisi yang memungkinkannya timbul –berpengaruh-dan tenggelam, dan konjungtur politik nasional yang terus berubah dari waktu ke waktu.


Dalam buku ini terungkap terjadinya pengabaian terhadap hak-hak agraria yang berbasis hukum adat serta hak-hak baru yang berdasarkan perundang-undangan agraria dalam rangka pelaksanaan land reform. Sebaliknya negara dengan segala kelengkapan penegak hukumnya  lebih mementingkan hak-hak baru yang mendukung kepentingan pemilik modal. Hal ini telah melestarikan konflik yang berkepanjangan , mengoyak persatuan bangsa, tidak menjamin kepastian hukum yang tak pernah jeda antara negara, pemilik modal dan rakyat sepanjang sejarah agraria Indonesia.

Buku ini sangat penting untuk para pembaca yang mempelajari reformasi agraria, baik di bidang akademis maupun yang berada di lembaga-lembaga pemerintah atau non-pemerintah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar