Rabu, 22 Mei 2013

KRITIK ANTONIO GRAMSCI TERHADAP PEMBANGUNAN DUNIA KETIGA



Judul : Kritik Antonio Gramsci Terhadap Pembangunan Dunia Ketiga
Penulis : Muhadi Sugiono
Penerbit : Pustaka Pelajar
 Kondisi : Baru

Harga : Rp. 35.000

Pemesanan : sms 085878268031/ pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/ empuonline@gmail.com/ twitter : @empuonline

Sinopsis
Kebijakan pembangunan ekonomi negara-negara berkembang telah berubah secara drastis sejak 1980-an. Hampir semua negara berkembang menggeser kebijakan-kebijakan ekonomi mereka ke arah liberalisasi yang lebih besar dan kepercayaan yang lebih besar padan mekanisme pasar melalui srangkaian reformasi ekonomi berorientasi pasar.


Berbagai reformasi kebijakan nyaris mengganti secara keseluruhan semua kebijakan sebeumnya yang mendominasi negara-negara berkembang dari tahun 1950-an -1970-an –reformasi yang mengenyahkan nasionalisme ekonomi dari perbendaharaan kata negara-negara itu, mengurangi peran eksesif  negara dalam perekonomian, dan menghentikan kecenderungan pembangunan jenis sosialis.

Seluruh reformasi kebijakan itu semata-mata merupakan manifestasi dari sebuah perubahan yang jauh lebih mendasar lagi, yaitu perubahan di tingkat ide. Dalam bahasa gramsci, ide-ide melakukan impor materialis ketika berkoalisi dengan kekuatan-kekuatan ekonomi politik. Perubahan dalam wacana pembangunan yang berlangsung di penghujung 1970-an dan permulaan 1980-an terkait sangat erat dengan struktur hegemoni pada ekonomi politik global.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar