Selasa, 28 Mei 2013

EKSTASI KOMUNIKASI



Judul : Ekstasi Komunikasi
Judul asli: The Ecstasy of Communication
Penulis: Jean Baudrillard
Penerjemah: Jimmy Firdaus
Editor: Abdullah Sumrahadi

Harga buku: Rp 20.000,-

Pemesanan : sms 08122742231/ pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/

Sinopsis

TERNYATA setiap upaya menyibak dan menelanjangai KEBENARAN upaya pemikiran (interpretasi), baik religius, ilmiah maupun filosofis untuk mengungkap RAHASIA yang selalu membuat manusia terbirit-birit dan kerap baku hantam, sebanding dengan KEMUSTAHILAN berhasilnya semua upaya itu. Semakin kebenaran dikejar lalu dipegang, semakin lincah dia ngacir. Bagai merpati perawan yang aduhai jinaknya. Begitu MENGGODA jejaka pemburu. Bagaimana tidak?


Jika kebenaran adalah rahasia terbesar, sementara sekarang ini setiap penjaga dan penjaja rahasia sudah membanting harga di etalase KOMUNIKASI dan INFORMASI, lalu apa lagi yang akan menggoda, ke mana lagi akan dicari gairah yang ada dalam upaya PENCARIAN? Di masa ini, merpati perawan tanpa ba-bi-bu membeberkan rahasianya kepada jejaka pemburu, begitu pula sebaliknya. Setelah itu keduanya BERCINTA. Tak ada lagi permainan “bertukar tangkap dengan lepas.” Cairan yang keluar dari KELAMIN masing-masing tak ubahnya dengan ingus yang mesti dipaksa keluar hanya karena mengganggu kelancaran NGOBROL. MAKNA tewas seketika sebab REFERENSI mengungsi ke ketiadaan digusur INFORMASI yang membengkak melampaui tubuhnya sendiri. Dengan begitu setiap TANDA tak lagi punya kedalaman, yang tersisa hanyalah TAMPILAN-LUAR, wajah indo yang dipupuri bedak beras.

Tidakkah menakutkan hidup di dunia seperti itu? Namun Ekstasi Komunikasi ini tak hendak menakut-nakuti, sebab Baudrillard tentu sudah tahu bahwa orang yang mau mendekap ketakutannya sendiri mestilah tidak dapat disebut orang-takut. Dan memang demikian agaknya, sebab masih ada yang bisa dilakukan, yakni MAIN petak-umpet dengan setiap tampilan-luar yang begitu menggoda. Dengan KESEMPATAN itulah hidup di dunia yang FATAL ini bisa terus diseret.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar