Selasa, 21 Mei 2013

KRONIK LUMPUR LAPINDO



Judul : KRONIK LUMPUR LAPINDO
Penulis: Bosman Batubara dan Paring Waluyo Utomo
Penerbit : Insist
Kondisi : Baru

Harga buku: Rp. 41.000

Pemesanan : sms 08122742231/ pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/

Sinopsis

Lima tahun lalu di Kecamatan Porong, Sidoarjo Jawa Timur tiba-tiba perut bumi memuntahkan lumpur panas. Bak bah, lumpur membeludak hingga menggulung apapun yang ada: rumah, pekarangan, fasilitas umum  tinggal kenangan. Tujuh desa tenggalam dalam lautan lumpur panas. Tidak ada yang mengira bencana itu akan muncul sebegitu mendadaknya.

Namun ini bukan azab seperti dalam kisah Nabi Nuh tentang Tuhan yang murka. Penyebabnya adalah pengeboran minyak yang dilakukan oleh PT. Lapindo Brantas Inc., tiga bulan sebelum lumpur meluap. Ini bencana lumpur lapindo, meski hingga kini pemerintah belum juga menentukan siapa yang bersalah atas bencana ini. Sementara pemerintah gamang, warga desa yang rumahnya tenggelam malah semakin ditenggelamkan dalam kesulitan hidup sehari-hari karena mekanisme koruptif dan licik di lapangan.


Buku  ini ditulis secara kronologis oleh dua aktivis yang turut dalam advokasi masyarakat korban lumpur lapindo. Mereka telah mengikuti kasus lumpur lapindo sejak awal. Buku ini merangkum perkembangan bencana ini sejak bermula hingga tahun 2011. Mengutip kata-kata novelis Ceko Milan Kundera, buku ini adalah usaha konkret untuk menolak lupa.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar