Minggu, 26 Mei 2013

JALAN SOSIALISME SEDUNIA



Judul : Jalan Menuju Sosialisme Sedunia
Penulis: Edward Kardelj
Penerbit : Tarawang Press
Harga buku: Rp 70.000

Pemesanan : sms 08122742231/ pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/

Sinopsis

Dalam segala hal, percobaan-percobaan tokoh-tokoh Cina yang tidak berhasil memaksakan marxisme ke arah acuan ideologi yang pragmatis yang dibentuk sesuai dengan kebutuha-kebutuhan politik tertentu yang konkret, tidaklah begitu penting, karena akhirnya, mengulang ucapan-ucapan Marx yang sering dikutip, “manusia itu bukanlah sesuatu yang percaya pada dirinya sendiri, tetapi merek percaya yang sebenarnya”.


Oleh karena itu ucapan itu juga berlaku bagi kaum komunis sebagaimana yang berlaku terhadap setiap makhluk lai yang sadar di muka bumi ini. Tetapi, bagaimanapun kaum komunis Cina mencoba untuk menyelubungi diri dengan juba pembela-pembela Marxisme “sejati” dimana ideologi mereka berbicara tentang kenyataan-kenyataan sosiak dan masalah-masalah yang dihadapi.

Dan kami mempunyai pengertian-pengertian yang lebih besar tentang masalah-masalah itu daripada tentang “Marxisme” yang telah diperkecil oleh gembong-gembong Cina ke taraf seorang kuli paksa yang memikul segala beban yang timbul dan disebabkan oleh kampanye politik untuk merongrong sosialis Yugoslavia yang memuakkan itu.

Hal yang sudah pasti tidak bermaksud untuk mempersoalkan “Marxisme” siapakan yang lebih baik atau “lebih benar” yang dianut orang-orang Yugoslavia ataukah yang dianut orang-orang Cina atau ada Marxisme lain. Seperti setiap ilmu pengetahuan marxisme dapat dicapai oleh semua orang , tetapi sampai dimana setiap orang mempergunakan ilmu pengetahuan itu dalam prakteknya, tidak semata-mata tergantung pada hasratnya untuk menjadi seorang marxis.  




1 komentar: