Judul :Posmodernisme dan Budaya Konsumen
Penulis: Mike Featherstone
Penerbit : Pustaka Pelajar
Harga buku: Rp 45.000
Pemesanan
: sms 08122742231/ pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/
Sinopsis
Budaya konsumen (consumer
culture), dari Adorno, Horkheimer, Marcuse, seringkali disajikan sebagai
kritik elitis tentang budaya massa (mass
culture) yang menggambarkan sesuatu yang sekarang dipandang sebagai
perbedaan yang meragukan antara individualitas yang nyata dengan yang palsu,
dan antara kebutuhan yang sesungguhnya dengan kebutuhan yang semu.
Pada umumnya mereka dianggap memandang rendah budaya massa
yang telah turun derajatnya, dan dipandang kurang simpati terhadap integritas
kesenangan dan kelas pada umumnya. Inilah kondisi yang didukung oleh dorongan
ke arah posmodernisme.
Konsep “budaya konsumen” dan konsep “posmodernisme” serta
permasalahan refleksif yang dimunculkan dalam berbagai varian oleh para ahli
lainnya seperti Bell, Baudrillard, dan Jameson serta beberapa epigram Max Weber
sebagai bahan untuk memahami kaitan langsung antara budaya konsumen dengan
posmodernisme yang dibahas secara luas dalam buku ini.
Selanjutnya tujuan utama buku ini adalah untuk memahami
bagaimana posmodernismemuncul dan menjadi imej budaya yang sangat kuat
dan berpengaruh..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar