Senin, 03 Juni 2013

PETUALANGAN SEMIOLOGI



Judul : PETUALANGAN SEMIOLOGI
Judul Asli : Aventure Sémiologique
Penulis: Roland Barthes
Penerbit : Pustaka Pelajar

Harga buku: Rp 90.000 diskon jadi Rp. 72.000

Pemesanan : sms 085878268031/ pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/ empuonline@gmail.com/ twitter : @empuonline

Sinopsis

Berbicara  tentang Roland Bartes dan karya-karyanya tidak dapat dilepaskan dari eksplorasinya terhadap tanda dan ilmu tanda yang menahbiskannya menjadi salah satu pelopor perkembangan keilmuan tersebut. Pada tahun 1960-an di Prancis berkembang istilah-istilah yang mereferensi pada pemahaman-pemahaman yang berkenaan dengan tanda, deskripsi maupun prosesnya dan beberapa ahli menamainya dengan sebutan yang berbeda-beda. Kalau para ahli yang berada di wilayah anglo saxon lebih memilih menggunakan istilah semiotika, di Prancis beberapa ahli memberinya nama Sémiologie, structuralisme, sémanalyse atau analyse textuelle (Barthes, 1964). Barthes termasuk yang bersikukuh pada istilah Sémiologie.


Tulisan-tulisan sejak tahun 1963-1973 itulah yang dapat diselami dalam aventure sémiologique (petualangan semiologis) ini. Tulisan-tulisan itu merupakan amalgam atas pemahamannya terhadap linguistic Saussure yang merupakan poin awal eksplorasinya terhadap semiologi. Kepiawaiannya menganalisis sistem-sistem tanda yang bernuansa sosiologis serta pemahamannya terhadap Marxisme yang mempengaruhi sebagian besar tulisan-tulisannya. Buku ini betul-betul  merupakan petualangan penulis terhadap semiologi yang digelutinya secara intens selama beberapa dekade sebelum kematiannya pada tahun 1980. Petualangan ini diharapkan memberi inspirasi bagi pembaca yang ingin memiliki petualangan seperti halnya Empu Semiologi ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar