Sabtu, 24 Januari 2015

Analysis

 Judul : Analysis
Penulis : Alimin Prawirodirdjo
Penerbit : Octopus

Harga : Rp. 35.000

Pemesanan : sms 085878268031/ pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/ twitter : @empuonline


Sinopsis


Alimin menulis  Analysis untuk menjawab pertanyaan Tan Malaka dalam Thesis. Menurut Alimin, sebagian besar dari tulisan Tan itu tidak aktual lagi untuk menjadi bahan atau material guna membikin orientasi keadaan batu.

Alimin menilai Tan sebagai orang yang menenggelamkan diri dalam pujian. Tan yang membersihkan diri dan menyalahkan gerakan PKI pada 1926 itu tidak salah karena ia tidak berbuat apa-apa. Orang yang tidak berbuat apa-apa tentu tidak mungkin membuat kesalahan. Itulah sebabnya PKI Tidak melakukam royeer-an karena Tan bukan lagi karena dia mendirikan Partai Republik Indonesia(PARI).


Alimin juga mengaku tidak pernah menuduh Tan sebagai Trotskys. Yang memeberikan julukan itu adalah sebuah surat kabar berbahasa Inggris yang dibaca Alimin dan Muso di Tanah Melayu.

Alih-alih Tan mrnyebut dirinya sebagai orang yang "bermandat" dari Komunis Internasional dan memepwrsialkan Putusan Prambanan, Alimin meminta dia memberikan penjelasan tentang twori revolusi. Dengan demikian dapat diketahui salah dan benarnya Revoluai 1926 itu. Faktanya, Revoluai 1926 mendorong munculnya revolusi-revolusi di tanah-tanah jajahan di Lautan Pasifik, seperti di Indo-China (1927) dan Burma (1926-1927). Kalaupun perkara 1926 itu masih sering digugat orang, maka Alimin, juga Muso menyatakan bertanggung jawab atas segalanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar