Sabtu, 29 Juni 2013

SEJARAH ASIA TENGGARA



Judul : SEJARAH ASIA TENGGARA
Penulis: M.C. Rickleff dkk
Penerbit : Komunitas Bambu

Harga buku: Rp 280.000

Pemesanan : sms 08122742231/ pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/

Sinopsis

Buku Sejarah Asia Tenggara yang baru dan komprehensif ini mencakup periode panjang, yaitu mulai dari zaman prasejarah sampai tahun 2000-an. Sejarawan Merle Ricklefs menggandeng empat sejarawan lainnya yang tidak menjadi rekan kerjanya di National University of Singapore. mereka adalah para pakar utama Asia Tenggara dalam lingkup sejarah politik, sosial, ekonomi, agama dan budaya.

Dibuka dengan catatan mengenai kelompok etnis serta struktur sosial dan budaya periode awal Asia Tenggara, pembahasan berlanjut melintasi zaman mulai dari sejarah ‘klasik’ negara-negara Asia Tenggara, kedatangan agama Hindu, Buddha, Islam dan Kristen serta pengaruh para pelaku sejarah yang berlomba-lomba ke kawasan regional ini, yaitu aktor-aktor non-Pribumi. Lantas, dilanjutkan dengan sejarah kolonial dan munculnya kekuasaan modern yang baru berdiri  dengan diwarnai berbagai transisi kekuasaan. Ulasan ini masih disusul dengan analisis mengenai dampak Perang Dunia ke seluruh penjuru Asia Tenggara.


Buku ini pun menawarkan catatan lengkap seputar Asia Tenggara pada masa akhir kolonialisme dan pembangunan bangsa-bangsa pascakolonial. Sebelum akhirnya mengantar pembaca ke masa-masa modern Asia Tenggara untuk mengetahui lebih lanjut posisinya yang berusaha bangkit dari keterpurukan krisis ekonomi global dan memainkan peran di kancah dunia.

Tim yang terdiri dari lima orang penulis ini menampilkan narasi terpercaya dan mudah dicerna, menggunakan hasil-hasil penelitian mutakhir dengan sumber-sumber lainnya yang kaya dan rinci. Kerja bersama yang memukau ini merupakan kontribusi penting terhadap kajian Asia Tenggara. Bacaan wajib bagi para cendekia, pelajar dan siapa saja yang penasaran dengan sisik melik kawasan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar