Minggu, 23 Juni 2013

Etika Lingkungan Global



Judul : Etika Lingkungan Global
Penulis: Robin Attfield
Penerbit : Kreasi Wacana

Harga buku: Rp. 35.000

Pemesanan : sms 08122742231/ pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/

Sinopsis

Tanpa suatu etika (teori tentang hak dan kewajiban) dan suatu aksiologi, manusia akan kekurangan panduan dan arahan dalam menangani masalah, entah itu bersifat global maupun yang menyangkut lingkungan sekitar. Lebih dari itu, manusia juga akan kekurangan landasan untuk cepat tanggap dengan masalah.

Buku ini mencoba merevisi pandangan tradisional yang memosisikan manusia beserta nilai dan kepentingannya adalah di atas segalanya; antroposentrisme, secara moral sulit kiranya menerima bahwa hanya spesies manusia saja yang penting, sama sulitnya untuk percaya bahwa segala sesuatu selain manusia ada hanya demi kepentingannya.


Alternatif yang ditawarkan disini mencakup sentientisme yang mengakui secara moral setiap ciptaan yang punya indra; biosentrisme yang mengakui kedudukan moral semua makhluk yang hidup dan ekosentrisme yang memandang ekosistem dan biosfer memiliki moral yang tidak tergantung pada arti anggotanya. Ketiga arah pandangan ini sama-sama mencoba memperbaiki keangkuhan antroposentrisme yang telah mendarah daging dalam peradaban manusia modern dan telah mengakibatkan kerusakan lingkungan yang mereka diami.

2 komentar:

  1. Admin' numpang nanya gimana ya cera pemesannan bukunya? trus bagaimana caranya mengetahui harga dari bukunya?

    BalasHapus
  2. harga buku sudah tertera di blog mbak, silahkan menghubungi saya via sms 08122742231/pin BB 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com nanti kita hitungkan harga buku sekalian ongkirnya. setelah uang di transfer bukunya segera saya kirimkan. Terima kasih

    BalasHapus