Jumat, 21 Juni 2013

GERAKAN FEMINIS LESBIAN



Judul : GERAKAN FEMINIS LESBIAN
Penulis: Triana Ahdiati
Editor: Hadi Purwanto
Penerbit : Kreasi Wacana

Harga buku: Rp 30.000

Pemesanan : sms 08122742231/ pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/

Sinopsis

Dekade 1990-an menjadi saksi bagi gerakan politis kaum feminis lesbian di alam demokrasi Amerika Serikat. Di masa ini, gerakan feminisme lesbian, yang sebelumnya bersifat separatis, menemukan momentum untuk mengubah diri menjadi suatu gerakan politis. Para feminis lesbian dan simpatisannya amat menyadari bahwa mereka tidak mungkin hanya mengandalkan gerakan-gerakan yang sifatnya sempalan dan sporadis dalam rangka mendapatkan legitimasi. Dibutuhkan suatu gerakan yang padu dan berkesinambungan untuk diakui sebagai anggota masyarakat, baik secara sosial politis maupun secara hukum.

Iklim demokrasi Amerika dan karakter masyarakatnya yang majemuk meniupkan angin segar bagi gerakan ini, meski dalam perjalanannya, ia menghadapi tantangan dan penolakan yang begitu sengit. Itu sangat wajar, karena homoseksualitas pada umumnya, dan lesbianisme pada khususnya, adalah isu yang teramat kontroversial hingga sekarang.


Buku ini ingin menghadirkan suatu iktibar dan kaca pembanding bagi masyarakat Indonesia tentang bagaimana ikhtiar suatu kelompok masyarakat  diperjuangkan secara santun, bagaimana kelompok lain menanggapinya dengan cara-cara yang arif, dan yang lebih penting lagi, bagaimana lembaga legislatif dan eksekutif mengelola dan memberi saluran secara konstitusional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar