Senin, 17 Juni 2013

HERMENAUTIKA ILMU SOSIAL



Judul : HERMENAUTIKA ILMU SOSIAL
Judul asli: Hermeneutics and the human sciences
Essays on languange, action and interpretation
Penulis: Paul Ricoeur
Penerjemah: Muhammad Syukri
Editor Bhs. Ing.: John B. Thompson
Editor Bhs. Ind.: Inyiak Ridwan Muzir


Harga : Rp.42.000

Pemesanan : sms 08122742231/ pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/

Sinopsis


KETIKA pada awalnya hermeneutika hanya berkisar pada soal memahami dan menafsirkan teks, namun dalam perkembangannya disiplin ini bergerak lebih jauh demi menyelidiki hakikat pemahaman itu sendiri, mencari tahu apa yang membuat pemahaman jadi mungkin dan apa saja yang mungkin dipahami oleh daya kognitif manusia. Karena itulah hermeneutika disebut-sebut sebagai disiplin yang mengkhususkan diri pada refleksi teoretis tentang pemahaman dan interpretasi.

Di lain pihak, sudah lama disadari bahwa ilmu sosial amat memerlukan hermeneutika karena yang jadi domain penyelidikannya adalah manusia yang senantiasa mereproduksi makna dan tanda untuk kemudian saling mempertukarkan maupun memperebutkannya.

Kalau memang hermeneutika dibutuhkan ilmu sosial, tidakkah itu membenarkan anggapan bahwa tindakan manusia juga dapat dipahami sebagai teks? Sebab, bagaimanapun juga amanat yang diemban ilmu sosial adalah memperhatikan, menyelidiki dan kemudian membuat kesimpulan tentang tindakan manusia, baik individu maupun kolektif, baik yang disaksikan langsung maupun yang terekam dalam sejarah.


Ricoeur menawarkan jawaban positif untuk pertanyaan tersebut, bahwa tindakan manusia juga bisa dan semestinya memang diselidiki dan dipahami sebagaimana prinsip-prinsip yang berlaku ketika seseorang menghadapi sebuah teks. Dengan memaparkan sekelumit prinsip-prinsip dasar hermeneutika, kemudian beralih pada prinsip-prinsip interpretasi yang melandasi interpretasi atas sebuah teks, di buku ini Ricoeur menguraikan rangka teoretis yang membuat tawarannya tadi memang tidak mustahil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar