Jumat, 14 Juni 2013

Pergulatan Ideologi Partai Politik di Indonesia



Judul : Pergulatan Ideologi Partai Politik di Indonesia
            Nasionalisme – Islamisme – Komunisme - Militerisme
Penulis: S. Kirbiantoro dan Doddy Rudianto
Penerbit : Inti Media Publisher

Harga buku: Rp.  40.000 diskon jadi Rp. 30.000

Pemesanan : sms 08122742231/ pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/ 
TERJUAL

Sinopsis

Pengalaman Sejarah Indonesia mengajarkan, kehidupan berbangsa kita selalu dihadapkan pada berbagai persoalan pelik ancaman konflik internal yang bersumber pada perbedaan ideologi. Sejak kemerdekaan hingga sekarang , penyelenggara negara sering gagal menerapkan fungsi utamanya sebaga penjaga persatuan dan kesatuan.

Kita catat ideologi-ideologi besar yang hidup di Indonesia dan memiliki pengaruh hingga kini, serta nampak masih memiliki prospek masa depan yaitu Komunisme, Islamisme, Nasionalisme, dan Militerisme. Keempat ideologi besar tersebut kini masih memiliki eksistensi berkembang di masyarakat. Semuanya memiliki masa lalu yang muram. Islamisme sering dikaitkan dengan perilaku ekstrem golongan kanan. Nasionalisme, relatif memiliki performance yang lumayan baik, walaupun dalam perjalanannya terbiasa terancam perpecahan internal.  Komunisme memiliki sejarah yang menggetirkan berkaitan dengan peristiwa Madiun 1948 dan G30S 1965 dimana PKI dituduh sebagai dalamng dibalik kedua kejadian tersebut. Kemudian praktik politik militerisme yang digelar semasa pemerintahan orde baru sebagaiamana sering disebut sebagai periode yang represif dan otoriter. Semua ideologi besar ini nampak meninggalkan cacar sejarah dan trauma politik yang mengenaskan bagi rakyat Indonesia.

Buku ini mengungkapkan aspek politik-historikal dan prospek masa depan bagi keempat ideologi besar tersebut, bagaimana pergerakan partai politik mensikapi perkembangan kehidupan kenegaraan, dan bagaimana pula trend masyarakat dalam mengantisipasi berbagai perubahan yang bakal terjadi.  

1 komentar: