Kamis, 20 Juni 2013

GAGASAN-GAGASAN POLITIK GRAMSCI



Judul : GAGASAN-GAGASAN POLITIK GRAMSCI
Penulis: Roger Simon
Penerbit : Pustaka Pelajar

Harga buku: Rp 30.000

Pemesanan : sms 08122742231/ pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/

Sinopsis

Antonio Gramsci (1891-1937) lahir di Sardinia, Italia, dari keluarga sangat miskin. Sumbangannya yang khas dan orisinal dalam ilmu sosial  adalah teorinya  mengenai politik dalam negara modern. Karyanya yang termasyur, Prison Notebooks, mengelaborasi dua pertanyaan pokok: Mengapa  dan bagaimana negara modern bisa mendapatkan konsensus atas kekuasaannya terhadap mayoritas masyarakat? Mengapa dan bagaimana seorang sosioalis bisa memastikan bahwa konsensus ini dapat diubah menjadi konsensus baru yang mendukkung nilai-nilai sosialisme?


Dalam buku ini Roger Simon mendeskripsikan kembali secara sistematis dan mudah dipahami gagasan-gagasan politik gramsci, ia kemudian membahas tentang tema-tema konsep gramsci tentang hegemoni, hubungan kekuatan, mempertahankan hegemoni, nasional –kerakyatan, revolusi  pasif, ideologi , masyarakat sipil, negara dan watak kekuasaan, gerakan dewan pabrik, intelektual dan partai revolusioner.

Buku ini dilengkapi dua tulisan dari Stuart Hill dan Stuart Hall sebagai pembuka untuk mengenal Gramsci dan catatan akhir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar