Rabu, 19 Juni 2013

Kebenaran dan Metode



Judul : Kebenaran dan Metode
Penulis: Hans Georg Gadamer
Penerbit : Pustaka Pelajar

Harga buku: Rp. 66.500

Pemesanan : sms 08122742231/ pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/

Sinopsis

Gadamer sengaja memberi judul bukunya yang monumental ini truth and method (kabenaran dan metode), sarat dengan semangat polemik, kalimat yang dipisahkan oleh kata “dan” menunjukkan adanya ketegangan tertentu, ia ingin menantang secara konstruktif metode-metode empiris untuk masuk ke wilayah ilmu-ilmu humaniora.

Untuk mencapai kebenaran dalam konteks konstelasi penafsiran. Seorang hermeneut mesti lari dari cengkeraman metode untuk kemudian menceburkan diri di tengah pusaran dialektika. Sebab, kata Gadamer, dipergunakannya metode justru merintangi atau menghambat kebenaran, sedangkan dialektika tiada henti mengumpulkan serpihan-serpihan kebenaran hingga akhirnya menjadi bulat utuh.


Sekalipun demikian, gadamer tidaklah bersifat anti metodologis, ia berargumen bahwa pretensi metodologi apapun (positivistik atau bukan) adalah “buta” kalau memandang dirinya sebagai epistemologi. Yakni menghilangkan syarat kebenaran (the true) menjadi syarat yang benar (the right) dari sebuah aplikasi teknik. Gadamer memandang karyanya ini sebagai usaha untuk memenuhi aspirasi metodologi yang terdalam. Di bawah metode ini Gadamer, Gadamer ingin menjelaskan syarat-syarat yang mendasar bagi munculnya kebenaran yang bukan sekadar suatu teknik tentang sesuatu yang dilakukan subyek, melainkan sebagai akibat dari sesuatu yang “terjadi tanpa kemauan kita dan sesuatu yang terjadi di luar tindakan kita”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar