Senin, 03 Juni 2013

KEADILAN DAN DEMOKRASI



Judul : KEADILAN DAN DEMOKRASI
            Telaah Filsafat Politik John Rawls
Penulis: Andre Ata Ujan
Penerbit : Kanisius

Harga buku: Rp 40.000

Pemesanan : sms 08122742231/ pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/

Sinopsis

Menurut John Rawls, keadilan formal yang berbasiskan hukum dan peraturan tidak bisa sepenuhnya mendorong terciptanya suatu masyarakat yang tertata baik. Ia percaya bahwa sebuah teori keadilan yang baik adalah teori keadilan yang berwatak kontrak dan yang menjamin kepentingan semua pihak secara fair. Masyarakat sebagai sebuah lembaga kerjasama sosial hanya bisa tumbuh dan berkembang dengan baik apabila hak-hak dasar setiap warga diberi tempat dan dilindungi pelaksanaannya secara pasti oleh negara melalui konstitusi yang adil.


Karena itu, keadilan dalam arti fairness sebagai sebuah teori politik juga hanya bisa diterapkan secara efektif di dalam suatu masyarakat demokratis. Kajiannya mengenai hak-hak politik serta pentingnya fairness di dalam suatu masyarakat pluralistis, atau secara lebih khusus, tuntutan untuk memberi tempat pada “oposisi loyal”, misalnya adalah contoh paling baik bagaimana keadilan diterapkan di dalam suatu masyarakat yang mengklaim demokrasi sebagai sistem pemerintahannya. Teori Rawls berangkat dari kritiknya terhadap teori-teori keadilan sebelumnya yang dinilanya terlalu bersifat utilitaristis dan intuisionis. Rawls melihat teori keadilannya sebagi sebuah konsep politik, maka penataan struktur sosial dasar menjadi fokus utama teorinya.

Buku ini merupakan penulisan ulang tesis master yang aslinya berjudul “The Basic Elements of John Rawls’ Theory of Justice as Fairness”. Isinya memperkenalkan teori keadilan Rawls yang oleh banyak orang dipandang sebagai suatu gagasan yang tidak sedikit sumbangannya bagi kehidupan politik negara-negara modern.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar