Rabu, 25 Maret 2015

GERAKAN MAHASISWA sebagai KELOMPOK PENEKAN



Judul : GERAKAN MAHASISWA sebagai KELOMPOK PENEKAN
Penulis: Luthfi Hamzah Husin
Penerbit : PolGovUGM
Kondisi : Baru

Harga buku: Rp. 45.000

Pemesanan : sms 085878268031/ pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/ empuonline@gmail.com/ twitter : @empuonline


Sinopsis

Gerakan mahasiswa selalu terlibat dalam setiap peristiwa peristiwa politik penting, diantaranya gerakan kesadaran kebangkitan nasional pra-kemerdekaan, gerakan ’66, dan gerakan reformasi 1998. Fenomena keterlibatan mereka dalam politik di nilai konstan hingga sekarang, dan yang membedakannnya adalah pergantian ideologi dan kebijakan dari elit pemerintah. Namun, ketika lebih dalam mencermati peranan tersebut, gerakan mahasiswa kerap tidak lagi dilihatr dari segi ideologi gerakannya. Padahal, ideologi bisa jadi adalah kunci dari gerakan tersebut.

Gerakan mahasiswa di Indonesia secara struktural dengan studi kasus buku ini, yakni KM UGM, selalu diperhitungkan dalam melakukan tekanan pada sistem politik. Dalam skema gerakan mahasiswa di tingkat nasional, di tahu 1950, gerakan para makasiswa UGM mampu menghadirkan suatu format kelembagaan mahasiswa pertama yang menaungi seluruh kelompok dan merepresentasikan universitas dalam pasung besar Keluarga Mahasiswa  dengan Dewan Mahasiswa sebaga lembaga perwakilannya. Format tersebut yang kemudian disebut oleh Arbi Sanit (1999) sebagai student government. Pembentukan dewan mahasiswa tersebut tentu tidak bisa dilepaskan dari pengaruh kepentingan ideologi dominan pada saat itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar