Kamis, 12 Maret 2015

FILSAFAT PROSES PROSES DAN REALITAS DALAM KAJIAN KOSMOLOGI



Judul : FILSAFAT PROSES  Proses dan Realitas dalam Kajian Kosmologi
Penulis: Alfred North Whitehead
Penerbit : Kerasi Wacana
Kondisi : Baru

Harga buku: Rp.90.000

Pemesanan : sms 085878268031/ WA 08886824445 / pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/ empuonline@gmail.com/ twitter : @empuonline

STOK KOSONG
Sinopsis

Alfred North Whitehead merumuskan pemikiran-pemikiran filosofisnya dengan latar belakang sebagai seorang matematikawan besar abad XX. Pemikirannya kemudian masyhur dengan nama “Filsafat Proses”. Dengan Filsafat Proses, Whitehead berpandangan bahwa benda-benda, tetumbuhan, hewan, manusia, dan semuanya yang dikenal sebagai kenyataan, selalu berkembang dinamis, terus ebrada dalam proses “menjadi”. Filsafat ini tidak membayangkan kenyataan sebagai mesin yang statis, yang sedari awal hingga akhir cuma begitu-begitu saja. Kenyataan dipandang sebagai organism yang hidup, yang bertumbuh dan berkembang, acap kali di luar dugaan.

Gagasan tentang Filsafat Proses dicetuskan Whitehead di permulaan abad XX saat pandangan materialism-ilmiah begitu percaya diri bahwa kenyataan selalu ajeg, bahkan bisa “dijinakkan” dalam kerangkeng saintifik. Pandangan seperti inilah yang menimbulkan krisis pandangan-dunia modern karena dia merusak bahkan memutus hubungan harmonis antara manusia, masayrakat, alam, Tuhan dan segenap kenyataan.

Kehadiran buku ini dalam edisi Bahasa Indonesia dimaksudkan sebagai penambah perspektif dalam melihat khazanah pemikiran filosofis yang khas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar