Selasa, 31 Maret 2015

GERAKAN KOMUNISME ISLAM SURAKARTA 1914-1942

Judul : GERAKAN KOMUNISME ISLAM SURAKARTA 1914-1942
Penulis: Dr. Syamsul Bakri
Penerbit : Lkis
Thn terbit : 2015
Kondisi : Baru

Harga buku: Rp. 85.000

Pemesanan : sms 085878268031/ pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/ empuonline@gmail.com/ twitter : @empuonline




Sinopsis

Dalam penggalan sejarah pergerakan di Indonesia, terdapat komunitas masyarakat yang melakukan aktualisasi ajaran Islam dalam gerakan komunisme. Hal ini dilakukan dengan jalan titik temu, dan menghilangkan pemahaman yang menjauhkan diantara keduanya. Adaptasi ini kemudian berkembang menjadi sebuah gerakan sinkretik, keduanya berpadu dalam sebuah gerakan yang dikenal dengan nama komunisme Islam. Ideologi perlawanan ini muncul dan berkembang sebagai reaksi terhadap eksploitasi yang dilakukan oleh kaum kapitalis. Penindasan , penguasaan kolonial, dan diamnya para pemimpin yang secara legal formal mewakili aspirasi umat Islam. Gerakan ini mendapat dukungan massa yang luas, terutama kaum santri di Surakarta.

Buku ini secara akademis memberikan kontribusi keilmuan dalam disiplin Sejarah Kebudayaan Islam, terutama dalam paparan dan rekonstruksi penggalan sejarah tentang munculnya komunisme Islam. Sebuah gerakan sosial politik bernuansa keagamaan pada masa pergerakan. Karya ini juga memberikan kontribusi dalam pengembangan disiplin pemikiran Islam. yakni adanya varian interpretasi Islam dalam perspektif komunisme.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar