Rabu, 25 Maret 2015

Kronik Suksesi KERATON JAWA 1755-1989



Judul : Kronik Suksesi KERATON JAWA 1755-1989
Penulis: Susilo Harjono
Penerbit : PolGov UGM
Kondisi : Baru

Harga buku: Rp. 55.000

Pemesanan : sms 085878268031/ pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/ empuonline@gmail.com/ twitter : @empuonline


Sinopsis

Buku berjudul “Kronik Suksesi KERATON JAWA 1755-1989 ini telah berhasil memaparkan banyak hal yang dianggap tabu untuk dipertanyakan dan diotak-atik. Sakralisasi ini mengakibatkan sangat sedikitnya informasi mengenai suksesi pemerintahan di lingkungan Kraton Yogyakarta baik berupa informasi tertulis maupun tidak tertulis. Meskipun demikian, berkat kegigihan penulis yang mampu merangkum dan mengolah data baik dari dokumen yang “rahasia” maupun dari wawancara mendalam secara personal dari berbagai sumber termasuk pihak-pihak internal keraton menguatkan posisi buku ini sebagai buku penting yang patut diperhitungkan untuk melihat realita suksesi raja-raja Ngayogyakarta dari tahun 1755-1989 yang sangat dinamis.

Salah satu temuan penting yang dikupas dalambuku ini adalah adanya sifat suksesi raja-raja yang ternyata bersifat fluid. Ini artinya suksesi pemimpin Kraton Ngayogyakarta tidak pernah saklek atau tertumpu pada aturan tertentu (paugeran) namun sangat cair sesuai dengan situasi dan kondisi politik dan ekonomi saat itu. Detail temuan ini diuraikan oleh penulis melaluo gambar yang mudah dipahami dalam halaman 16. Sementara secara deskriptif , penulis menguraknannya dalam halaman demi halaman buku ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar