Sabtu, 04 April 2015

POLITIK KELAS MENENGAH INDONESIA

Judul : POLITIK KELAS MENENGAH INDONESIA
Penulis : Richard Tanter dan Kenneth Young
Pengantar : Ariel Heryanto
Penerbit : LP3ES
Kondisi : bekas masih bagus

Harga : Rp. 100.000

Pemesanan : sms 085 787 268 031/pin bb 234GB00C/ Email : empu_online@yahoo.com/ empuonline@gmail.com/ twitter@empuonline 

 Sinopsis :

 Selama dua dasawarsa terakhir ini, isu tentang kelas menengah semakin mendapatkan tempat dalam kajian-kajian politik di Indonesia. Meningkatnya perhatian terhadap kelas menengah tampaknya sejalan dengan perkembangan kapitalisme sendiri yang semakin matang di Indonesia. Setelah sebelumnya perhatian dicurahkan utnuk mengamati terbentuknya kelas pemodal, maka kini banyak sarjana yang memfokuskan perhatian pada tumbuhnya kelas menengah di satu pihak dan kelas buruh di pihak lain. Buku ini tidak bisa dilepaskan dari diskursus seperti itu.

Meskipun masih diwarnai oleh banyak kekaburan teoritis dan empiris dalam penggambaran tentang elemen-elemen dan batas-batas sosiologis dari apa yang disebut sebagai kelas menengah dalam hubungan dengan analisa mengenai formasi , kontestasi dan transformasi kelas, fokus kajian tentang kelas menengah  tak bisa dilepaskan dari kalkulasi mengenai konfigurasi kekuasaan politik Orde Baru. Benarkah kelas menengah hanya merupakan aparat idiologis serta fungsionaris-fungsionaris ekonomi dan politik kapitalisme? Bagaimana karakter dan signifikansi pengelompokan-pengelompokan selama ini? Apakah locus urban dari kelas ini merupakan ciri permanen dalam karakternya, dan apa perbedaannya dengan kelas menengah tradisional di pedesaan? Dan yang terpenting, apakah makna ideologis dari kehadiran kelas menengah ini dalam peta kekuatan politik masa kini?

Buku ini merangkum hampir semua agenda yang hingga sekarang masih terus dibicarakan tentang tema kelas menengah di Indonesia. Inilah buku pertama yang membahas masalah tersebut hampir secara komprehensif, dan akan menjadi rujukan utama untuk kajian-kajian selanjutnya. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar