Kamis, 14 November 2013

Penuntun Kaum Buruh



Judul : Penuntun Kaum Buruh
Penulis: Semaun
Penerbit : Bintang Nusantara
Kondisi: Baru

Harga buku: Rp 20.000

Pemesanan :
sms 08122742231
pin BB: 234FB00C
email : empu_online@yahoo.com

Sinopsis

Buku yang dibuat pada tahun pemogokan ini dapat dilihat sebagai sebuah buku panduan serikat buruh pertama di Indonesia. Menjelaskan tentang perspektif serikat dan perjuangan yang harus dilakukannya. Yang penting didalam buku ini adalah bahkan sejak awal kemunculan kaum buruh dan pergerakan kaum buruh di Hindia Belanda ada perspektif jelas bahwa jika kaum buruh tidak berpolitik maka tidak akan ada kesejahteraan, demokrasi dan keadilan bagi kaum buruh dan rakyat.

Politik atau kekuasaan macam apa yang akan membebaskan kaum buruh tersebut? Bagi Semaoen hanya Sosialisme lah yang dapat membebaskan kaum buruh.

Semaoen memberikan gambaran bagaimana Sosialisme itu:

“Semua hidup rukun, tidak ada yang berebut rezeki. Negara dikepalai oleh wakil-wakil pilihan rakyat, sehingga tampak seperti suatu keluarga yang dipimpin oleh orang tua sendiri, sehingga sama halnya dengan badan sendiri. Inilah yang dinamakan Sosialisme, dan orang-orang yang ber¬gerak di dalamnya disebut Sosialis.

Hanya politik sosialisme yang akan dapat menggerakkan rakyat Indonesia mencapai kemerdekaannya untuk memerintah negaranya sendiri dan membagi secara adil pendapatan negara. Hanya politik sosialisme yang akan menolong rakyat jelata dan kaum buruh. Semua manusia yang mengetahui kebaikan serta kemuliaan orang yang hidup, tentu setuju dan harus turut serta membantu gerakan sosialisme.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar