Minggu, 31 Januari 2016

KONFLIK MULTIKULTURAL Panduan Meliput bagi Jurnalis



Judul : KONFLIK MULTIKULTURAL Panduan Meliput bagi Jurnalis

Penulis: Nur Zain Hae, Rusdie Marpaung, Hawe Setiawan

Penerbit : Lembaga Studi Pers dan Pembangunan

Kondisi : Barus stok lama (tanpa segel)



Harga buku: Rp. 25.000



Pemesanan : sms 085878268031/ WA 08886824445 / pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/ empuonline@gmail.com/ twitter : @empuonline





Sinopsis



Jika koran dipandang sebagai sarana untuk membuat kekacauan, koran pun dapat digunakan sebagai srana untuk menciptakan ketertiban. Begitu kata Tuan Keuner, tokoh utama dalam Geschichten vom Herm  Keuner (Kumpulan Cerita tentang Tuan Keuner) karya sastrawan besar Jerman, Bertolt Brecht. Pernyataan Tuan Keuner sungguh mengena bagi kehidupan pers kita hari-hari ini. Ketika konflik multikultural meruyak, suku-suku berseteru, umat beragama bersengketa, para penduduk gang saling serang, pemberitaan pers tentangnya acapkali dituduh sebagai penghasut yang memperkalut kemelut. Padahal para pemberita dan media massa, cetak maupun elektronik, mestinya bisa memainkan peran terpuji, tidak mengobarkan api peperangan, tapi menyiramkan air perdamaian.



Pertanyaannya, bagaimana peran itu mesti dilakukan? Buku kecil ini berangkat dari pertanyaan seperti itu. Didalamnya terkandung niat untuk menawarkan beberapa bahan pertimbangan bagi para pemberita di Indonesia yang hendak meliput kehidupan sosial yang kalang kabut oleh rupa-rupa kemelut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar