Rabu, 26 Februari 2014

POSTHUMAN Kompleksitas Kesadaran, Manusia dan Teknologi



Judul : POSTHUMAN Kompleksitas Kesadaran, Manusia dan Teknologi
Penulis: Robert Pepperell
Penerbit : Kreasi Wacana
Kondisi : Baru

Harga buku: Rp 50.000



Pemesanan : sms 085878268031/ pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/

Sinopsis

Semuanya telah berubah dengan adanya teknologi. Dulu manusia meyakini bisa menguasai dan memanfaatkan alam demi kepentingannya melalui bantuan teknologi yang dia ciptakan. Sekarang, teknologi teknologi ciptaannya lambat laun memiliki eksistensi sendiri, seolah-olah punya kehendak dan kesadaran sendiri yang bisa tawar-menawar dengan kehendak dan kesadaran manusia.

Perkembangan dalam bidang teknologi robotik, nanoteknologi, teknologi komunikasi, rekayasa biologi, kecerdasan buatan dan masih banyak lagi telah menunjukkan bahwa perbedaan antara “buatan” manusia dan “buatan” mesin makin kabur seiring bergantungnya manusia pada mesin-mesin. Bisa dibayangkan betapa bingung dan terhambatnya manusia sekarang jika teknologi digital dan kelistrikan tiba-tiba lenyap, komputer dan satelit sekonyong-konyong mandeg total.

Buku ini mencoba membicarakan pengaruh kemajuan dan ketergantungan manusia pada teknologi bagi kesadaran diri manusia zaman sekarang; pengandai-andaian ontologis apa saja yang diguncangnya; serta pertanyaan-pertanyaan etis apa yang dihadapkannya kepada manusia. Singkat kata, buku ini mendeskripsikan suatu kondisi dimana manusia mengakui bahwa keberadaannya tidak bisa lepas dari dunia teknologi yang mengitarinya, kondisi dimana yang alami dengan yang buatan tidak lagi dibedakan secara tegas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar