Senin, 24 Februari 2014

KERAJAAN ACEH Jaman Sultan Iskandar Muda (1607-1636)



Judul : KERAJAAN ACEH Jaman Sultan Iskandar Muda (1607-1636)
Penulis: Denys Lombard
Penerbit : Balai Pustaka
Kondisi : Baru stok lama (stok terbatas)

Harga buku: Rp 50.000



Pemesanan : sms 085878268031/ pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/ 

TERJUAL

Sinopsis

Buku Kerajaan Aceh: Zaman Iskandar Muda (1607 - 1636) merupakan karya awal sejarawan Prancis Denys Lombard. Dalam buku ini Lombard membantah pendapat Snouck Hurgronje yang menyatakan bahwa kegemilangan Aceh pada masa itu sekadar isapan jempol belaka. Menurut Lombard kerajaan Aceh masa itu memang benar-benar sukses bahkan menjadi penghubung Nusantara dan Barat.

Lombard membahas segenap aspek kehidupan Kerajaan Aceh, baik politik, ekonomi, kemiliteran, maupun budaya, agama, dan filsafat. Sumber yang digunakan Lombard adalah naskah lokal (Bustan al-Salatin, Hikayat Aceh, Adat Aceh), sumber Eropa dan Tionghoa. Ia juga memakai laporan perjalanan para kelana Eropa seperti Frederik de Houtman, John Davis, dan terutama Augustin de Beaulieu.

Buku ini menjadi pengantar yang signifikan untuk memahami entitas kebudayaan Aceh yang dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah faktor geopolitik yang melahirkan sistem perdagangan dan sistem pemerintahan di Aceh. Sebagai literatur yang representatif mendukung penelitian antropologi atau etnografi tentang Aceh, buku ini bisa menjadi dokumentasi sejarah sosial-budaya Aceh karena dilengkapi dengan catatan lapangan yang memadai, narasi yang runtut, dan informasi yang detail.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar