Judul : Belanja Sampai Mati
Penulis: Alissa Quart
Penerbit : Resist Book
Kondisi : Baru
Harga buku: Rp . 34.000
Pemesanan
: sms 08122742231/ pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/
Sinopsis
Apakah kamu sudah dicuci otak?
Tiap tahun milyaran dolar
digelontorkan korporasi untuk mempengaruhi konsumen remaja dan ABG. Upaya
menguasai pikiran dan dompet remaja ¡tu sekarang sudah pada taraf yang amat
mencemaskan. Alissa Quart dengan sangat mendetail menghantarkan pembaca melihat
sisi gelap pemasaran remaja. la menguraikan jalinan rumit yang saling berkaitan
antara kaum muda. media budaya pop. agen korporasi. dan budaya konsumen.
Bagaimana remaja telah dimanipulasi oleh korporasi untuk menjadi konsumen atau
konsumen masa depan sekaligus agen pemasar mereka. Proses cuci otak ¡tu
menjadikan semakin eratnya ketergantungan remaja pada merek. Pakaian yang
mereka kenakan. kosmetik yang mereka pakai. bahkan sekolah yang ¡ngin mereka
masuki. semuanya harus bermerek.
Namun. komodifikasi budaya remaja
¡tu mulai mendapat penentangan. Buku ¡ni menunjukkan gerakan-gerakan perlawanan
yang bermunculan di mana-mana. Blasa disebut sebagai gerakan anti-merek atau
anti-korporasi mereka tidak hanya memfokuskan pada hal-hal yang sederhana
seperti sub-budaya rock punk. namun juga menyasar yang lebih besar seperti
korporasi.
Di negeri ini. di mana
gejala-gejala konsumerisme terlihat secara mencolok dengan berdirinya mal-mal.
maraknya waralaba-waralaba. menjamurnya kafe-kafe. dan simbol simbol budaya
konsumen lainnya. buku ¡ni amat berharga tidak hanya sebagai telaah kritis atas
apa yang melanda masyarakat kita. khususnya generasi muda sekarang. namun bisa
juga menjadi panduan bagaimana menanggapinya.
•Bagi pembaca yang masih menunggu
lanjutan No Logo karangan Naomi Klein. inilah buku tersebut—Publisher’s Weekly
Tidak ada komentar:
Posting Komentar