Sabtu, 12 Maret 2016

NELAYAN dan POLITIK PERIKANAN



Judul : NELAYAN dan POLITIK PERIKANAN
Penulis: Dr. Budi Siswanto, M.Si.
Penerbit : Papyrus
Kondisi : Bekas

Harga buku: Rp. 45.000

Pemesanan : sms 085878268031/ WA 08886824445 /pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/ empuonline@gmail.com/ twitter : @empuonline


Sinopsis

Buku ini adalah kajian yang berdasarkan hasil penelitian mendalam mengenai potensi, daya dukung dan problematika dunia perikanan maupun kehidupan nelayan di Indonesia. Kajian ini mengungkap realitas yang mengenaskan sekaligus mengesankan bagaimana potensi lautan yang demikian besar dan berharga itu dikuras oleh kekuatan asing melalui kapal dan sumber daya manusiayang modern tanpa bisa dikendalikan.

Di sisi lain, bagaimana mekanisme sosiologis dan budaya perikanan masyarakat nelayan dan pesisir di Indonesia tidak memberikan peluang lebih besar kepada nelayan kecil yang tidak memiliki modal dan akses informasi untuk memperbaiki kehidupannya. Realitas kelas sosial di masyarakat nelayan adalah realitas sosiologis-kultural dan antropologis yang hanya dapat diubah  oleh kebijakan publik  pemerintah demi memajukan kehidupan bagian besar (yang paling terbelakang ) masyarakat nelayan.

Dibutuhkan politik perikanan yang komprehensif dan menyeluruh dari pemerintah Indonesia untuk memberikan peluang nelayan di negeri sendiri menikmati anugarah Tuhan berupa lautan dengan segala isinya yang sangat berharga itu. Politik perikanan yang memihak pada nelayan kecil, tak bermodal dan hanya berusaha bertahan hidup sepanjang tahun akan mengubah realitas dan konstelasi dunia perikanan di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar