Rabu, 02 Maret 2016

DESENTRALISASI FISKAL DI NEGARA-NEGARA BERKEMBANG



Judul :  DESENTRALISASI FISKAL DI NEGARA-NEGARA BERKEMBANG
Penulis: Richard M. Bird dan Francois Vaillancourt
Penerbit : Gramedia
Kondisi : Baru Stok Lama

Harga buku: Rp. 78.000

Pemesanan : sms 085878268031/ WA 08886824445 /pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/ empuonline@gmail.com/ twitter : @empuonline

Terjual


Sinopsis
Kecenderungan untuk mewujudkan otonomi daerah tengah marak dewasa ini. Dalam kacamata awam otonomi daerah bagaikan membalik telapak tangan—hanya soal membuat keketatapan-ketetapan yang mengatur perimbangan kekuasan dan fiskal antara pemerintah daerah dan pusat. Tentu saja tidak semudah itu. Apalagi jika tuntutan otonomi daerah diwarnai dengan luka ketidakadilan yang diderita selama ini. Disinilah desentralisasi fiskal menemukan relevansinya.

Desentralisasi adalah salah satu cara untuk melepas dari jerat-jerat pemerintah yang tidak efektif dan tidak efisien, instabilitas makroekonomi, dan laju pertumbuhan ekonomi yang tidak berimbang. Namun, desentralisasi fiskal bagai bumerang. Kalau digunakan secara benar, ia akan tepat sasaran, pemerintah daerah dan pusat akan menikmati kemakmuran. Jika tidak sasaran meleset dan bumerang menghantam stabilitas nasional menjadi lebih parah yang berakibat lambannya perbaikan perekonomian secara keseluruhan baik daerah maupun nasional.

Pembaca akan mendapatkan wawasan yang mendetail dan komprehensif perihal desentralisasi fiskal dan pernik-pernik di negara-negara yang menjadi objek penelitian termasuk Indonesia. Anda akan terbantu untuk merumuskan desentralisasi fiskal macam apakah yang dapat kita terapkan di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar