Rabu, 09 Maret 2016

NGUDUD Cara Orang Jawa Menikmati Hidup



Judul : NGUDUD Cara Orang Jawa Menikmati Hidup
Penulis: Imam Budhi Santosa
Penerbit : Manasuka
Kondisi : Segel

Harga buku: Rp. 35.000

Pemesanan : sms 085878268031/ WA 08886824445 /pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/ empuonline@gmail.com/ twitter : @empuonline


Sinopsis

Berabad-abad, orang Jawa dihadang bermacam hal yang dapat merusak ketenangan dan kesejahteraan hidupnya. Padahal, mereka tidak boleh kalah dan menyerah. Harus tabah, sabar, dan mampu bangkit kembali sewaktu-waktu, karena memang disanalah sawah-ladangnya untuk mencari rezeki.

Ibarat luka, masalah fisik dapat disembuhkan dengan berbagai sarana. Namun, untuk mengobati luka batin, untuk memperoleh kembali ketenangan diri, orang jawa akan mencari solusi menurut pertimbangan dan pilihan masing-masing. Salah satu solusi tersebut adalah : merokok (ngudut)

Merokok bagi orang Jawa, tak beda dengan rutinitas menikmati suara burung perkutut, minum teh nasgithel dengan gula batu, nglaras uyon-uyon, atau memancing di sungai malam-malam. Ya, semua itu adalah upaya menghibur diri, membahagiakan hati, mengendorkan ketegangan hidup, yang telah menjadi adat tradisi orang jawa selama ini.

Artinya, bisa jadi, hanya dengan merokok murahan, rokok tingwe, atau puntung sekalipun, wong cilik di Jawa dapat terus berdiri dan mandiri, melupakan sejenak beban hidup yang tak mungkin lagi digambarkan dengan kata dan bahasa. Dari situ pula, mereka mampu terus bertahan dan membangun sejarah tanah kelahirannya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar