Rabu, 25 November 2015

SEMIOTIKA BUDAYA



Judul : SEMIOTIKA BUDAYA
Penyunting : T. Christomy dan Untung Yuwono
Penerbit : PPKB FIB Universitas Indonesia
Kondisi : Baru

Harga buku: Rp.65.000

Pemesanan : sms 085878268031/ WA 08886824445 /pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/ empuonline@gmail.com/ twitter : @empuonline


Sinopsis

Semiotik telah menjadi wilayah lintas disiplin yang menarik untuk dicermati. Berbagai disiplin serta-merta memiliki titik sentuh ketika mengkaji ‘realitas’ yang dimediasi. Sebut saja, misalnya, fakta sosial. Fakta sosial secara teoritis sangat sulit diulang karena dia menghilang dengan waktu. Akan tetapi, kita dapat menangkap “fakta” tersebut dalam bentuk pemeriaan dengan menggunakan mediasi “tanda”, entah itu dalam bentuk visual, verbal, kinesik, maupun proksemik. Proses signifikan dan komunikasi, seperti yang disinyalir Umberto Eco, merupakan perhatian semiotik. Semiotik mengkaji proses signifikasi dan komunikasi yang menggunakan tanda.

Dari waktu ke waktu semiotik digunakan sebagai pendekatan untuk memecahkan masalah praktis di samping mengalami perkembangan secara teoritis. Semiotik, sebagai contoh, telah membantu para praktisi kedokteran di Yunani masa silam, dalam mengenali penyakit dengan memperhatikan gejala (sympton) sebagai tanda (signs). Dibidang budaya, pada abad pencerahan semiotik membantu menemukan cara-cara bagaimana karya-karya dalam pelbagai genre seni ditampilkan untuk mencapai efek tertentu.

Dalam buku ini, Semiotika Budaya cenderung digunakan untuk melihat kemungkinan pendekatan semiotik, entah yang strukturalis maupun yang pragmatis, bagi kajian-kajian budaya. Buku ini memberikan resep-resep jitu bagi sebuah penelitian. Buku ini lebih memperagakan kemungkinan sudut pandang yang mungkin dapat digunakan untuk meliha ekspresi kebudayaan. Cara pandang semiotis memberi kemungkinan yang lebih jauh daripada sekedar kajian antropologis dan tekstual.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar