Sabtu, 07 November 2015

PERANG GERILYA by CHE GUEVARA



Judul : PERANG GERILYA
Penulis: ERNESTO “CHE” GUEVARA
Kata Pengantar : Hario Kecik
Penerbit : Utan Kayu
Kondisi : Segel

Harga buku: Rp. 40.000

Pemesanan : sms 085878268031/ WA 08886824445 /pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/ empuonline@gmail.com/ twitter : @empuonline


Sinopsis

Kata “gerilya” yang tidak terlepas dari Che Guevara sebetulnya berasal dari kata Spanyol “guerra” yang berarti perang. Guerrila adalah bentuk pengecilan atau demunitive form dari guerra yang artinya perang kecil.Tapi jangan kita terkecoh dengan kata-kata yang seakan-akan memberikan kesan bahwa kita berurusan dengan masalah yang kecil. Malah sebaliknya, masalah gerilya berimplikasi arti yang luas dan mendalam, yang tidak boleh diremehkan.

Mungkin buku ini adalag salah satu dari pembanding buku karya Jenderal  A. H. Nasution (Alm) yan menulis juga mengenai perang gerilya. Dalam buku yang terbilang ringan untuk memahami mengenai peperangan, di bagian awal dijelaskan sangat bagus dengan singkat dan padat mengenai hakikat perang gerilya, strategi perjuangan  dan taktik perang gerilya. Bagaimana melaksanakan peperangan di daerah yang menguntungkan maupun di daerah yang kurang menguntungkan, serta peperangan di luar kota.

Dalam pembahasan keduanya dijelaskan mengenai elemen-elemen yang dibutuhkan dalam perang gerilya, seorang pejuang gerilya dituntut mampu menjadi pengubah masyarakat sekaligus sebagai penempur. Elemen yang tak kalah pentingnya adalah organisasi dari perang gerilya tersebut dan tentu saja implementasi dalam pertempuran. Hal yang patut kita catat adalah Che memberikan gambaran bagaimana awal permulaan perang gerilya dan akhir dari perang gerilya itu berdasarkan pengalaman di Kuba.

Yang lebih menarik lagi adalah tulisan yang dibuat oleh Che Guevara ini memberikan uraian unsur-unsur yang support dalam organisasi perang gerilya yaitu : persediaan, organisasi sipil, perandan perempuan, pengobatan, sabotase, perang industri, propaganda, intelijen, latihan dan indoktrinasi, susunan organisasi tentara sebuah gerakan revolusioner.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar