Jumat, 14 November 2014

ORANG-ORANG TERBUNGKAM

Judul :  ORANG-ORANG TERBUNGKAM
Penulis: Albert Camus
Penerbit : Jendela
Kondisi : Baru bersegel

Harga buku: Rp. 40.000

Pemesanan : sms 085878268031/ pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/ empuonline@gmail.com/ twitter : @empuonline


Sinopsis

Dalam sebuah majalah berbahasa Prancis, Demain, yang memimpin redaksinya adalah Jean Bloch-Michael, Albert Camus sendiri penulis, yang nanti akan dibuktikan oleh pembaca sendiri, bahwa cerita-cerita yang dihimpun dalam kumpulan ini mempunyai underan atau pokok masalah yang sama, ialah tema keterbuangan. Masing-masing cerita menunjukkan gayanya sendiri-sendiri. Ada yang menggunakan gaya monologue-interieur, semacama guman lirih, sampai yang bergaya naratif-realistik. Cerita-cerita itu ditulis bersama-sama, tetapi kemudian, masing-masing ditulisnya kembali, sebagai laiknya para penulis melakukan revisi.


Orang-orang Terbungkam memang bercerita tentang orang-orang tertindas. Keterbungkaman mereka karena kondisi keadaan yang tidak memungkinka lagi mereka berbuat apapun, kecuali menerima keadaan. Akan tetapi, sikap menerima keadaan ini, bagi Albert Camus tidaklah dipandang sebagai sikap yang terpuji. Namun, keterbungkaman itu tidak mudah didobrak. Dan tatkala keterbungkaman menjadi semakin kuat , keterbungkaman menjadi suatu kondisi, yang oleh para kritikus sastara Prancis sering disebut sebagai “la condition humaine”, suatu kondisi manusia. Dengan kata lain, manusia tercekam dalam situasi yang absurd. Kumpulan cerita tentang kondisi manusia yang semacam itu. Tentu saja tidak semua cerita pendek didalam buku ini cukup tepat dikatakan demikian; yang terang ada susasana yang kurang lebih begitu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar