Minggu, 23 November 2014

MARXISME UNTUK PEMULA

Judul : MARXISME UNTUK PEMULA

Penulis: Rupert Woodfin dan Oscar Zarate
Penerbit : Resist Book
Hal : 174 hal

Harga buku: Rp.40.000

Pemesanan : sms 085878268031/ pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/ empuonline@gmail.com/ twitter : @empuonline


Sinopsis

Apakah Marx seorang Marxis? Apakah cita-citanya untuk mewujudkan sosialisme telah dikhianati oleh kediktatoran mereka yang mengaku marxis? Apakah marxisme sama dengan totalitarianisme? Apa yang sebenarnya dikatakan Marx?

Marxisme Untuk Pemula menelusuri asal muasal filosofi Marx, akar-akarnya dalam ideologi Eropa abad ke-19 dan kritik sosial dan ekonominya yang radikal terhadap kapitalisme, serta gagasan-gagasannya yang mengilhami gerakan-gerakan revolusioner sampai saat ini.

Marxisme untuk pemula bukan hanya menelaah pemikiran Marx, melainkan juga perkembangan marxisme secara menyeluruh : merentas dari Engels, Lenin, Trotsky, Gramsci, Madzab Frankfrut, Althrusser, sampai Laclau dan Mouffe. Buku ini pun mengulas penafsiran postmodern atas marxisme dan membangkitkan “post-marxisme” dalam konfrontasi Derrida dengan doktrin akhir sejarahnya Fukuyama.

Meski dianggap usang, marxisme tak pernah habis sebagai sumber inspirasi pemikiran-pemikiran radikal. Tesis-tesisnya tetap menjadi rujukan utama dalam melakukan kajian kritis atas kapitalisme. Tampaknya selama sistem kapitalisme masih bercokol, marxisme tak akan berhenti dipelajari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar