Sabtu, 20 Juli 2013

PEMBANGUNAN TANPA TEORI



Judul : PEMBANGUNAN TANPA TEORI 
           Kuasa Pengetahuan dan Perubahan Sosial
Penulis: Craig Johnson
Penerbit : Resist Book

Harga buku: Rp. 45.000

Pemesanan : sms 08122742231/ pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/

Sinopsis

Efek neoliberalisme dalam ranah pembangunan kian menjadi perhatian serius para akademisi. Tak ada pemerintahan yg imun dari kekuatan globalisasi dan reformasi ekonomi makro tersebut. Hal ini mencerminkan kekuasaan dan pengaruh institusi ekonomi internasional dan agenda untuk menerapkan prinsip-prinsip ekonomi neoklasik dan perdagangan bebas. Perhatian juga diarahan terhadap teori neoklasik yang kini menominasi bagaimana akademisi membingkai dan menyusun pertanyaan dalam kajian pembangunan.

Buku ini menguraikan bagaimana ideologi membentuk konstruksi pengetahuan untuk pembangunan. Suatu tema utama berkenaan dengan dampak neoliberalisme terhadap teori dan peneitian pembangunan. Tujuan buku ini ada dua. Satu untuk memahami bagaimana neoliberalisme telah membingkai dan mendefinisikan tujuan 'metateoritikal' dan asumsi tentang apa yang relevan, penting, dan tepat untuk kajian pembangunan. Kedua, untuk membongkar konsep-konsep ideologis dan teoritis yang dengannya suatu alternatif terhadap teori neoklasik mungin diteorisasikan, idealkan, dan dicapai.


Dengan menelusuri akarnya pada Marxisme, posmodernisme, dan liberalisme, buku ini menyimpulkan bahwa kajian-kajian pembangunan kian terpecah-pecah dalam konsep-konsep teoritis dan metodologi untuk memahami dan menjelaskan proses-proses pembangunan ekonomi dan perubahan sosial yang spesifik -kontekstual dan kompleks. Pengertian bahwa ilmu sosial dapat atau seharusnya bertujuan untuk mengembangkan teori tentang pembangunan yang umum dan prediktif terpasung dalam suatu orientasi politis dan fiosofis yang mempertanyakan kemampuan akademisi utuk membuat pertanyaan universal atau komparatif mengenai watak sejarah, kergaman budaya dan kemajuan. Akibatnya, kajian pembangunan tidak lagi membuat teorisasi mengenai kondisi politik historis dimana negara dan gerakan sosial terlibatdala suatu ksi politik guna mengubah struktur sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar