Senin, 21 Oktober 2013

Gagalnya Organisasi Desa dalam Pembangunan di Indonesia



Judul : Gagalnya Organisasi Desa dalam Pembangunan di Indonesia
Penulis: Budi Winarno
Penerbit : Tiara Wacana
Kondisi : Baru

Harga buku: Rp 36.000

Pemesanan : sms 08122742231/ pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/

Sinopsis

Semakin maju suatu negara, maka akan semakin tinggi pula daya saubg sektor pertaniannya. Demikian hipotesis dari pemikiran yang memandang keberhasilan pembangunan pedesaan berbasis pertanian merupakan lokomotif bagi pesatnya laju industrialisasi.

Pandangan yang demikian itu sempat diyakini dengan mantab oleh petinggi Indonesia di masa Orde Baru dalam rangka melangsungkan industrialisasi. Sayangnya, dalam penerapannya, yang muncul bukanlah peningkatan pembangunan secara simultan di sektor pertanian dan sektor industri, melainkan berupa efek "kolonisasi" dari satu sektor atas sektor yang lain. Sektor industri pada akhirnya justru "menguasai" sektor pertanian.

Kegagalan hipotesis tersebut telah mendorong penulis buku ini untuk menganalisis secara komparatif pembangunan pedesaan berbasis pertanian di Indonesia. Dengan mengambil model pembangunan pedesaan di Taiwan dan pembangunan pertanian di Thailand dan Philipina sebagai pembanding, di dalam buku ini berhasil diidentifikasi faktor-faktor yang melatari kegagalan pembangunan pedesaan berbasis pertanian di Indonesia. Salah satunya adalah tiadanya political will dari pemerintah (Orde Baru) untuk menjadikan "penguasaan tanah" sebagai hakikat dari eksistensi kaum petani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar