Minggu, 16 Agustus 2015

Buruh Menuliskan Perlawanannya

 Judul : Buruh Menuliskan Perlawanannya
Kumpulan Tulisan
Editor: Bambang TD, Syarif Arifin, Abu Mufakhir, Dina Septi, Azhar Irfansyah, Alfian Al Ayubby Pelu
Penerbit : Tanah Air Beta
Kondisi : Baru segel

Harga : Rp. 80.000

Pemesanan : sms 085878268031/WA: 08886824445 pin BB: 234FB00C/email :  empuonline@gmail.com/ twitter : @empuonline


Sinopsis

Sejarah mencatat sejak pertengahan 2000-an secara berangsur-angsur banyak orang mulai tersadar bahwa menjadi buruh murah tanpa kepastian kerja adalah memuakkan dan menjengkelkan.

Mulai banyak buruh yang marah terhadap kebijakan upah murah  (warisan Orde Baru) dan pasar tenaga kerja fleksibel. Ada yang marah lebih awal, ada pula yang baru marah sekarang. Dulu yang marah hanya sedikit, sekarang jauh lebih banyak. Beberapa serikat buruh gagal atau terlambat menyadari dua soal sumber keresahan buruh ini; beberapa lebih cepat tanggap. Namun, yang jauh lebih penting, semakin banyak buruh dan serikat buruh yang kemudian teryakinkan bahwa kebijakan uoah murah dan pasar tenaga kerja yang fleksibel boleh dan harus dilawan. Protes terhadap kesewenang-wenangan majikan, dan ketidakpedulian Dinas Tenaga Kerja setempat, meluas dimana-mana. Buruh semakin percaya bahwa protes itu dibolehkan. Semakin banyak orang terlibat dalam aksi protes bersama. Puncaknya, dua tahun berturut-turut (2011-2012), serikat -serikat buruh Indonesia sepakat menggalang dua kali mogok nasional.

Buku ini memuat 15 tulisan dari buruh Indonesia yang merupakan para aktivis serikat buruh. Tentu saja mereka bukan orang-orang yang terlibat langsung dalam perumusan kebijakan ekonomi makro. Semua adalah orang biasa, tidak satupun yang cukup terkenal.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar