Rabu, 05 Agustus 2015

Uang, Rentenir dan Hutang Piutang di Jawa


 Judul : Uang, Rentenir dan Hutang Piutang di Jawa
Penulis : Heru Nugroho
Penerbit : Pustaka Pelajar
Kondisi : Bekas 
Tahun terbit : 2001

Harga : Rp. 48.000

Pemesanan : sms 085878268031/WA: 08886824445 pin BB: 234FB00C/email :  empuonline@gmail.com/ twitter : @empuonline


Sinopsis
Ada tiga hal yang dibahas dalam buku ini, yaitu uang, rentenir dan hutang piutang yang terjadi dalam masyarakat Jawa. Namun ketiga topik itu memiliki kaitan yang sangat erat sehingga dapat dikemas menjadi sebuah topik penulisan ilmiah dalam tradisi sosiologi ekonomi. Uang difahami oleh warga masyarakat tidak lagi sekedar alat satuan hitung, instrumen tukar menukar maupun komoditi yang daopat diperdagangkan, tetapi telah menjadi simbol kekuasaan yang dapat dimiliki secara personal. Karena kekuasaan itu begitu signifikan maka uang dapat membebaskan individu dari berbagai persoalan, baik ekonomi, sosial, dan kebudayaan. Akibat kekuasaan uang tersebut ada kecenderungan hasrat hunger for money untuk berbagai keperluan hidup. 

Rentenir adalah salah satu agen informal yang menyediakan uang tunai bagi yang mengalami kekurangan uang. Dengan praktek jemput bola dalam bungkus kebudayaan yang ada, para rentenir dapat menggaet nasabahnya sehingga seolah-olah para nasabah terjebak dalam jeratan lintah darat dan perhambaan bunga.

Namun satu hal yang tidak pernah dibayangkan kalau praktek rentenir dalam masyarakat dihapuskan dapatkah kebutuhan uang tunai secara instan dapat dipenuhi oleh institusi finansial formal? Bagaimanakah hubungan sosial ekonomi antara rentenir dan nasabah dibangun dalam sebuah institusi hutang piutang informal? Betulkah rentenir berperilaku sebagau lintah darat ataukah mereka menjadi agen ekspansi pasar? Buku ini mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. 

1 komentar: