Judul : Pelayanan Publik
Baru
Penulis: Janet V. Denthardt
dan Robert B. Denthardt
Penerbit : Kreasi Wacana
Kondisi: Baru
Harga buku: Rp 42.000
Pemesanan
: sms 085878268031/ WA 08886824445 / pin BB: 234FB00C/email :
empu_online@yahoo.com/ empuonline@gmail.com/ twitter : @empuonline
Sinopsis
Buku ini dimulai dengan suatu
deskripsi mengenai apa yang disebut Administrasi Publik Lama atau ortodoksi di
bidang itu. Selanjutnya buku ini mengurai yang lebih terkini, yaitu Manajemen
Publik Baru yang telah mendominasi pemikiran dan tindakan dalam bidang
administrasi publik. Manajemen Publik Baru ini didasarkan pada ide bahwa cara
terbaik untuk memahami perilaku manusia adalah mengasumsikan bahwa pemerintah
dan aktor lain membuat pilihan-pilihan dan melaksanakan tindakan berdasarkan
kepentingan diri mereka sendiri. Menurut pandangan ini peran pemerintah ialah
membebaskan kekuatan pasar untuk memfasilitasi pilihan individual dan mencapai
efisiensi.
Buku ini membuat suatu argumen
yang lebih maju melalui apa yang disebut dengan Layanan Publik Baru yang
mengusahakan nilai bersama dan kepentingan umum melalui dialog yang tersebar
luas dan keterlibatan warga negara. Kepentingan publik itu sendiri dilihat
sebagai suatu perluasan kewarganegaraan, dimotivasi oleh keinginan untuk
melayani orang lain dan mencapai tujuan-tujuan publik.
Singkatnya , penulis buku ini
mengusulkan suatu model Layanan Publik Baru yang didasarkan pada
kewarganegaraan, demokrasi, dan layanan dalam kepentingan publiksebagai suatu
alternatif bagi model-model yang dominan yang didasarkan pada teori ekonomi dan
kepentingan diri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar