Minggu, 30 Maret 2014

Pengantar Sosiologi Kewarganegaraan



Judul : Pengantar Sosiologi Kewarganegaraan
Penulis: Robertus Robert
Penerbit : Marjinkiri
Kondisi : Baru

Harga buku: Rp.37.000

Pemesanan : sms 085878268031/ pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/ 


Sinopsis

Setelah sempat mati suri sebagai kajian akademik maupun isu politik, persoalan kewarganegaraan kembali merebak pasca era 1990an akibat pelbagai perkembangan kontemporer.

Homogenisasi kapital oleh arus globalisasi neoliberal memunculkan persoalan mengenai hak-hak ekonomi warga. Globalisasi juga memunculkan persoalan lain terkait politik identitas dan multikulturalisme, ketika kemudian arus imigrasi membuat komposisi etnis masyarakat suatu negara semakin beragam.

Buku ini adalah buku pengantar pertama berbahasa Indonesia yang merangkum pelbagai perkembangan pemikiran mengenai kewarganegaraan. Dibahas disini: pemikiran Marx dan Weber mengenai kewarganegaraan, kewargaan sosial T.H. Marshall, kewarganegaraan liberal, kewarganegaraan dalam republikanisme, pembentukan subjek warga negara melalui politik tubuh dalam pemikiran Foucault, kewarganegaraan multikultural, konsep Agamben tentang homo sacer untuk melihat warga yang dihilangkan hak-haknya.

Kesemuanya itu lalu dipakai untuk melihat persoalan kewarganegaraan di Indonesia yang mengalami berbagai kompleksitasnya sendiri pasaca era otoriter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar