Selasa, 17 September 2013

Satrio Piningit ing Kampung Pingit



Judul : Satrio Piningit ing Kampung Pingit
Penulis: Umar Kayam
Penerbit : Grafiti

Harga buku: Rp 60.000

Pemesanan : sms 08122742231/ pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/ 

TERJUAL

Sinopsis

Satrio Piningit ing Kampung Pingit merupakan buku ke-4 dari kumpulan kolom Umar Kayam dalam harian Kedaulatan Rakyat, Yogyakarta dari 1997 sampai dengan 1999. Sebagaimana tuga buku terdahulu SPKP juga mengangkat beraneka ragam topik, mulai dari permasalahan rumah tangga sampai masalah-masalah yang sedang hangat di masyarakat. Semua dikemas dalam latar budaya priyayi Jawa, dengan Pak Ageng sebagai tokoh utamanya.

Kejelian Umar Kayam menangkap berbagai nuansa reformasi di Indonesia yang mulai meletup pada 1998 menambah daya tarik buku ini. Kekhawatiran akan melonjaknya harga kertas , kreativitas rakyat kecil mencari sumber pendapatan dalam masa “krismon”, kesulitan membedakan partai-partai politik yang lambangnya mirip, adalah beberapa diantara topik-topik seputar reformasi.

SPKP tetap mempertahankan gaya glenyengan, sebagaimana diungkapkan oleh Sapardi Djoko Damono dalam pengantar buku ke-2 seri ini, Sugih Tanpa Banda. Glenyengan adalah suatu bentuk penyampaian sindirian, protes, nasihat, ususl, dan sebagainya. Dengan bercanda, tidak ngotot, dan sering secara tidak langsung. Glenyengan demi glenyengan dalam buku ini mengalir lancar, ringan tetapi niscaya tetap menggelitik kepekaan sosial para pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar