Senin, 09 September 2013

NEOLIBERALISME



Judul : NEOLIBERALISME
Penulis: I Wibowo dan Francis Wahono (Ed.)
Penerbit : Cindelaras

Harga buku: Rp 45.000

Pemesanan : sms 08122742231/ pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/

Sinopsis

Neoliberalisme! Kata ini belum sepopuler kata komunisme atau kapitalisme, tapi kata-kata ini benar-benar telah merasuki berbagai wacana ekonomi, politik, kebudayaan. Di kalangan aktivis yang tergabung dalam berbagai LSM, kata “neoliberalisme” menjadi semacam anatema. Sebaliknya, bagi pendukung-pendukungnya, kata itu jadi semacam kata mantra.

Inilah jaman baru, jaman ketika kapitalisme menemukan mantelnya yang baru yang lebih radikal. Dengan dukungan  teknologi dan informasi yang canggih, kekuatan kapitalisme global bergabung dengan kekuatan kapitalis lokal, bersama-sama mencoba mengeruk kekayaan planet bumi, sementara itu dijanjikan bahwa kemakmuran global akan menjadi kenyataan lebih cepat dari apa yang diinginkan . Apakah neoliberalisme memang membawa kemakmuran seperti yang dijanjikan itu? Jawabannya, ternyata negatif, TIDAK!

Buku ini menyajikan berbagai artikel yang mengupas lebih jauh neoliberalisme dengan studi kasus di Indonesia. Diawali dengan melacak akar dan logika neoliberalisme, selanjutnya pembaca diajak tersadar betapa dasyatnya dampak dari hegemoni  neoliberalisme bagi bangsa ini. Bukan kebebasan  dan kemakmuran yang kita dapatkan melainkan hancurnya tatanan dalam seluruh aspek kehidupan. Barangkali , buku ini representatif untuk disebut sebagai”INDONESIA MENGGUGAT” dalam kerangka mewujudkan Indonesia yang lebih mandiri dan percaya diri sebagai suatu bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar