Sabtu, 28 September 2013

Pantjasila Doctrine Revolusi Nasional Rakjat Indonesia



Judul : Pantjasila Doctrine Revolusi Nasional Rakjat Indonesia
Penulis: Asmara Hadi
Penerbit : Badan Penerbitan Nasional
Tahun Terbit : 1951
 Kondisi : Bekas Masih Bagus
Harga buku: Rp  100.000

Pemesanan : sms 08122742231/ pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/ 
Terjual

Sinopsis

Kepada teman-teman dari gerakan buruh jang bertanja apakah Pantjasila mengakui adanja perdjuangan klas apa tidak, saja mendjawab : seluruh Pantjasila itu diametral berlawanan dengan kapitalisme, berlawanan sebagai api dan air, sebagai malam dan siang. Tidak ada satu bagian dari Pantjasila itu bisa dilaksanakan, tanpa berhantaman dulu dengan kapitalisme. Dan Perdjuangan terhadap kapitalisme itu adalah perdjuangan klas. Siapa jang benar-benar mau mewudjudkan Pantjasila mendjadi dasar pergaulan hidup, ia mestilah konsekwen revolusioner anti-kapitalisme. Sikap lain menjalahi Pantjasila.

Jang masih bisa jadi bahan diskusi ialah apakah dewasa ini ada perdjuangan klas antara burdjuis dan proletar bangsa Indonesia. Kejakinan saja perdjuangan klas antara burdjuis Indonesia dan proletar Indonesia dewasa ini belum ada. Perdjuangan itu masih “dalam potensi” , masih seperti benih jang belum tumbuh. Di Indonesia masih bisa dilakukan usaha supaja perubahan sosial tidak berdjalan membadai topan seperti misalnja di Tiongkok.

Menarik apa yang disampaikan dalam buku ini, bahwa ketika kita ingin mewujudkan Pancasila sebagai dasar pergaulan hidup maka kinta harus konsekuen menjadi anti kapitalisme. Silahkan bandingkan dengan kondisi saat ini, dimana kapitalisme malah merajalela di negeri kita. Apakah kita sudah melaksanakan Pancasila secara konsekuen?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar