Kamis, 31 Desember 2015

PERJALANAN DALAM KELAM Senarai Kisah Pemberontakan PRRI



Judul : PERJALANAN DALAM KELAM Senarai Kisah Pemberontakan PRRI

Penulis: Soewardi Idris

Penerbit : Beranda

Kondisi : Baru stok lama



Harga buku: Rp. 65.000



Pemesanan : sms 085878268031/ WA 08886824445 /pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/ empuonline@gmail.com/ twitter : @empuonline

TERJUAL





Sinopsis



Harus diakui, pemberontakan PRRI (Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia), memang masih kurang ditelaah dan dicatat dengan luas dan komprehensif dalam lembaran sejarah Indonesia modern. Padahal pemberontakan yang dipelopori oleh paa perwira menengah TNI Angkatan Darat itu merupakan pemberontakan penting yang bertujuan mengoreksi pemerintahan Presiden Sukarno yang mulai dekat dengan komunis dan sangat mengabaikan pembangunan daerah.



Kurangnya kajian tentang pemberontakan PRRI antara lain disebabkan sejarah biasanya ditulis hanya dalam perspektif pemenang, dan celakanya lagi, banyak tokoh PRRI pasca kekalahan pemberontakan yang dilakukannya memilih mengunci diri dalam kesunyian sejarah mereka pribadi ketimbang menceritakan secara gamblang apa yang dicita-citakan dan dilakukannya sebelum, selama, dan sesudah pemberontakan berlangsung.



Sejalan dengan itu, hal yang lebih memprihatinkan lagi adalah kenyataan bahwa akhir-akhir ini terdapat pula sinyalemen untuk menghaluskan pemberontakan PRRI hanya sebagai gerakan koreksi daerah terhadap pusat. Penyangkalan PRRI sebagai bentuk pemberontakan bersenjata dan pemberontakan politik tentunya berpotensi menyesatkan anak bangsa dalam menakar pasang-surut sejarah bangsanya dalam menjadi Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar