Sabtu, 05 Desember 2015

DARI AQIDAH KE REVOLUSI Sikap Kita Terhadap Tradisi Lama



Judul : DARI AQIDAH KE REVOLUSI Sikap Kita Terhadap Tradisi Lama
Penulis:  Hassan Hanafi
Kata Pengantar : Azyumardi Azra
Penerbit : Paramadina
Kondisi :

Harga buku: Rp. 135.000

Pemesanan : sms 085878268031/ WA 08886824445 / pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/ empuonline@gmail.com/ twitter : @empuonline

Sinopsis

Buku ini ditulis dengan tujuan untuk merombak ilmu klasik Islam—terutama Ilmu Kalam, untuk diposisikan kembali pada zaman kini, sehingga terjadi transformasi dari akidah menuju revolusi untuk membela kaum muslim yang tertindas. Dengan berobsesi merombak tatanan Ilmu Kalam, Hassan Hanafi dengan sadar memposisikan pikirannya di hadapan warisan klasik. Menurutnya, para ahli kalam klasik meletakkan dasar bangunan teologi atas nama Tuhan, sedangkan ia ingin melakukan atas nama umat dan bumi mereka yang terampas. Para ahli kalam klasik menulis berbagai buku untuk membela akidah tertentu, sedangkan ia menulis buku ini untuk membela hasil ijtihad umat secara keseluruhan dan meletakkan semuanya di atas landasan persamaan.

Tujuan para ahli kalam klasik adalah menjelaskan “pendapat orang-orang Islam dan perbedaan di antara mereka yang salat”; sedang ia ingin menjelaskan “pendapat kaum muslim dan kesepakatan orang-orang yang shalat,”Para ahli ahli kalam klasik sibuk menjelaskan sejarah Tuhan dan membela posisi sultan, sedangkan ia ingin menjelaskan sejarah umat dan posisi mereka yang tertindas. Pendek kata, struktur ilmu kalam yang ditawarkan oleh Hasan Hanafi adalah ilmu kalam populis, bukan ilmu kalam elitis sebagaimana yang kita (umat Islam) waris dari masa lalu. Dengan proyek ini, Hassan Hanafi berusaha mengajak kita untuk merenungi bagaimana seharusnya kita menyikapi tradisi lama.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar